Macam Macam Jenis Kain yang Sering Dipakai Untuk Pakaian

Pakaian yang merupakan kebutuhan primer manusia memang menjadi barang dengan tingkat permintaan yang selalu tinggi setiap waktunya. Selain manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi tubuh, manusia juga membuat ragam pakaian yang bermacam macam untuk menghiasi diri menjadi pribadi yang fashionable dan disesuaikan dengan situasi atau tempat yang sedang ditempati. Sebagai contoh, orang akan mengenakan pakaian rapi dan formal ketika pergi ke kantor, kampus, tempat bekerja, menghadiri acara resmi dan lainnya, berbeda dengan jenis pakaian yang akan digunakan ke tempat pesta, ke pantai, dan untuk jalan jalan.

Sebelum semua jenis pakaian seperti yang Anda pakai sekarang menjadi sebuah pakaian yang layak pakai, pakaian mengalami serangkaian proses yang cukup panjang mulai dari bahan hingga menjadi baju. Namun, semua pakaian berasal dari satu sumber bahan yang sama, yaitu kain. Kain adalah lembaran lembaran dari hasil benang yang dipintal dan disusun sedemikian rupa dengan bantuan teknologi sehingga menjadi kain yang siap untuk dipotong dan dibuat menjadi pakaian. Kain sendiri memiliki jenis dan ragam yang berbeda beda dan banyak sekali. Berikut ini adalah beberapa contoh kain yang seringkali ditemukan di kalangan masyarakat atau jenis jenis kain yang paling banyak digunakan:

Jenis Kain

Kain blacu

contoh kain blacu

Kain blacu ini memiliki bahan dasar dari kapas sehingga bisa disebut sebagai jenis kain yang ramah lingkungan. Kain blacu ini juga sangat cocok untuk dijadikan kain untuk kreasi seperti tas, tempat tissu, dengan penambahan ornamen dan lainnya yang menarik.

Kain wools

kain wool

Anda mungkin sering menemukan penggunaan kain ini sebagai kain untuk pembuatan sweater, baju hangat, dan jaket. Karakternya adalah sweater cukup berat dan menimbulkan efek hangat pada kulit juga lumayan tebal.

Kain polyester atau PE

kain polyester

Jenis kain yang satu ini mirip dengan kain katun, hanya saja kain jenis polyester ini kualitasnya masih dilampaui oleh kain katun. Bahan dasar dari kain polyester ini adalah benang polyeste dan serat sintesis. Oleh karena sifat bahan dasar nya yang tidak alami, kain polyester ini tidak bisa menyerap keringat dan menimbulkan rasa panas saat dikenakan karena tidak menyerap keringat tersebut.

Kain chiffon

kain chiffon

Karakteristik dari jenis kain yang satu ini adalah memiliki tekstur yang lembut, dan jatuh saar digunakan oleh penggunanya sehingga bisa menempel pas di badan sehingga kurang direkomendasikan untuk badan gemuk. Kain ini juga transparant sehingga perlu untuk dibarengi dengan jenis kain lain untuk pembuatan baju, dan kain ini sangat cocok untuk dijadikan kerudung, syal, dan scarf.

Kain flanel

kain flanel

Jenis kain lainnya adalah kain flannel. Kain ini dibuat dari bahan dasar kain wol namun ditenun padat sehingga menghasilkan kain flanel yang cukup tebal. Kain jenis ini sangat cocok untuk dijadikan dalam pembuatan hiasan, kerajinan, sandal, dan aksesoris dengan penambahan ornamen lainnya.

Kain rayon

kain rayon

Karakteristik dari kain rayon yang tidak mudah kusut dan memberikan efek berkilau berhasil menarik minat para penggunanya. Kain ini cocok sekali untuk dijadikan pakaian dan pelengkap busana seperti scarf, vest, dan lainnya. Kelebihan lainnya dari kain rayon ini adalah memiliki daya serap yang tinggi, halus, dan tahan lama. Hanya saja kain ini mudah terbakar sehingga Anda harus hati hati.

Kain sutra

kain sutera

Kain jenis yang satu ini tentunya disukai oleh hampir semua kalangan wanita, karena kain ini sangat mewah, mahal, dengan tekstur yang lembut dan sangat ringan membuat siapapun yang memakainya terlihat anggun dan menawan.

Kain katun

kain cotton

Kain yang satu ini menjadi kain yang paling banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian. Ya, kain katun yang terbuat dari serat kapas yang ringan dan kuat telah menjadikannya banyak dipilih untuk pembuatan pakaian. Kain ini menyerap keringat dan tidak panas saat dikenakan.

Kain denim

kain denim

Apakah Anda penyuka jaket denim atau celana denim? Jika ya,kain yang satu ini adalah bahannya. Kain denim memiliki tekstur yang kasar, tidak mudah kusut, dan sangat tebal, sehingga memang paling cocok dijadikan bahan untuk membuat celana, dan jaket.

Kain spandex/lycra

kain spandex lycra

Kain spandex yang dikenal juga dengan sebutan lycra ini merupakan jenis kain yang memiliki tekstur yang lembut, elastis, dan kuat serta licin. Jenis kain ini sangat cocok untuk dijadikan bahan pembuatan baju renang, pakaian dalam, baju olah raga, dan lainnya karena tingkat elastisitasnya yang tinggi dan tahan lama.

Kain cashmere

kain cashmere

Selain sutra, kain jenis cashmere yang satu ini juga masuk dalam golongan kain yang mewah, dan mahal. Semakin sering dicuci, kain ini akan semakin halus namun dengan cara penyucian yang berbeda dari yang lainnya. Kain ini sangat cocok untuk dijadikan baju baju yang elegan dan berkelas karena memang sifat kain cashmere ini sendiri sangat berkelas.

Kain jersey

kain jersey

Jenis kain lainnya yang banyak sekali dijumpai dalam pembuatan pakaian adalah jenis kain jersey. Jenis kain jersey ini dikenal baik oleh para olahragawan karena paling banyak dibuat untuk membuat baju jersey atau pakaian olah raga, dan jaket.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *