Macam macam jenis sablon kaos

Ragam jenis pakaian ada banyak sekali yang kini marak menjadi bagian dari fashion masyarakat luas di sekitar kita. Bermacam model dan inovasi yang dilakukan oleh orang orang berhasil meningkatkan jenis dari model pakaian itu sendiri. Ragam inovasi dan diferensiasi pakaian ini dilakukan tidak lain adalah untuk mengembangkan dunia mode alias fashion agar lebih beragam dan tentunya menghindari rasa bosan terhadap masyarakat dari ragam pakaian pakaian tertentu. Salah satu yang kita kenal dan banyak sekali dijumpai yang ada di sekeliling kita adalah pakaian yaitu kaos yang disablon atau dengan kata lain sablon kaos.

Sablon kaos sangat marak keberadaannya karena jenis inovasi ini menarik dan gampang untuk disukai, juga cocok untuk diaplikasikan pada kaos kaos untuk semua kalangan, baik kalangan anak anak, anak muda dan remaja, dewasa hingga orang tua. Ragam kaos sablon juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang bisa menimbulkan efek yang berbeda beda. Apa saja jenis sablon kaos yang keberadaannya semakin menggeliat di dunia fashion tersebut? Berikut ini adalah macam macam jenis sablon kaos yang mungkin salah satu atau dua diantaranya menarik minat Anda:

Jenis sablon kaos plastisol

sablon kaos plastisol

jenis sablon kaos plastisol ini merupakan jenis sablon oil atau based minyak yang memiliki karakter sablonan yang tebal dengan unsur karet yang kuat saat dipegang. Kelebihan yang dimiliki oleh jenis sablon kaos plastisol ini adalah mampu untuk menghasilkan gambar yang tajam dan jelas, juga tahan lama. Agar sablonan plastisol ini awet dan tidak rusak, Anda harus menghindari sablon plastisol ini dari panas setrikaan, sehingga Anda bisa menyetrika kaos sablon plastisol ini dengan cara dibalikkan.

Jenis sablon kaos high density

sablon kaos high density

jenis sablon kaos lainnya yang banyak digemari adalah jenis sablon kaos high density. jenis sablon kaos high density ini memiliki keunikan yaitu dapat menciptakan efek 3D atau tiga dimensi pada kaos dan terasa timbul saat disentuh. Selain itu, jenis sablon kaos high density ini juga cukup kuat dan tahan lama. Jika Anda ingin memiliki kaos dengan efek 3D yang menarik, sebaiknya Anda menggunakan kaos dengan jenis sablon high density dan buktikan sendiri hasilnya.

Jenis sablon kaos rubber

sablon kaos rubber

jenis sablon kaos yang berikutnya yaitu adalah jenis sablon kaos Rubber, jenis sablon ini, sesuai dengan namanya adalah berbahan dasar rubber sehingga memiliki karakter yang cukup elastis. jenis sablon kaos rubber ini sangat cocok digunakan untuk kaos berwarna gelap maupun terang karena hasil gambar sablon yang dihasilkan sangat bagus, dengan karakter tekstur yang lembut dan menutup serat kain.

Jenis sablon kaos superwhite

sablon kaos superwhite

berbeda dengan jenis sablon kaos yang lainnya yang menempel di bahan atau di kaos, jenis sablon kaos superwhite ini memiliki karakter water-based, sehingga akan menyerap ke dalam kaos dan tidak berpengaruh apabila terkena setrikaan. Kelebihannya, jenis sablon kaos superwhite ini terasa ringan pada kaos karena sablonan yang water-based tersebut menyerap ke dalam kaos.

Jenis sablon kaos discharge

sablon kaos discharge

sablon kaos yang satu ini hampir sama dengan superwhite, yaitu water-based yang berbasis air dan menyerap pada kaos, di kalangan masyarakat, sebutan yang lebih dikenalnya adalah “sablon cabut warna” karena pada proses sablon nya digunakan cara membakar dan mengganti warna dasar pada kaos. Yang membedakannya dari jenis sablon kaos superwhite adalah pada jenis sablon kaos discharge ini menambahkan obat odorless atau discharge agent sebanyak 6-8%.

Jenis sablon kaos pigment

sablon kaos pigmen

Jenis sablon lainnya yang memiliki karakter water-based adalah sablon pigment. jenis sablon kaos pigment ini bedanya dengan superwhite adalah teksturnya agar kaki saat disentuh, berbeda dengan superwhite yang menyerap keseluruhan sehingga kaos tetap terasa lentur. Selain itu, hasil sablon kaos pigment ini menyisakan endapan atau kerak yang susah sekali dihilangkan meskipun telah dicuci berkali kali.

Jenis sablon kaos glow in the dark

sablon kaos glow in the dark

dari sekian banyak jenis sablon, jenis sablon kaos glow in the dark ini bisa jadi yang paling unik, karena jenis sablon kaos glow in the dark ini dapat menyala dalam gelap. Cahaya yang dihasilkan pada sablon glow in the dark ini adalah penambahan bahan kimia phospor berbentuk serbuk padat yang ditambahkan pada sablon rubber atau plastisol. Namun, cahaya yang dihasilkan hanya bertahan dalam waktu 3 menit saja. Meskipun begitu, Anda bisa membuat nya tetap menyala setelah Anda mendekatkan jenis sablon kaos glow in the dark ini pada lampu.

Jenis sablon kaos flocking

sablon kaos flocking

ada lagi jenis sablon kaos yang unik lainnya, yaitu jenis sablon kaos flocking. jenis sablon kaos flocking ini menimbulkan efek seperti beludru yang lembut saat disentuh. Hal ini terjadi karena pada proses finishing ketika sablon akan di press atau dipanaskan, ditambahkan kertas flocking, lalu didinginkan sebelum dicabut dan menghasilkan efek beludru tersebut.

Jenis sablon kaos foil

sablon kaos foil

keunikan dalam dunia sablon kaos lainnya juga berlaku pada jenis sablon kaos foil yang satu ini. jenis sablon kaos foil menghasilkan efek seperti kertas foil yang berwarna silver mengkilat yang dihasilkan oleh kertas foil dengan proses sama seperti mengaplikasian kertas beludru pada kaos ketika diproses.

Jenis sablon kaos cat timbul atau FOAM

sablon kaos cat timbul

jenis lainnya dari jenis sablon kaos adalah jenis sablon kaos foam atau cat timbul. Karakteristik dari jenis sablon kaos foam atau cat timbul ini adalah mirip seperti 3D, yang timbul saat disentuh pada kaos.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *