Pengertian Gramasi Pada Kain Adalah…

Pengguna pakaian yang berbahan dasar kain katun atau cotton merupakan hal yang sudah sangat dikenal oleh kalangan luas yaitu masyarakat. Pakaian yang berbahan dasar kain katun atau cotton combed memang merupakan salah satu jenis pakaian yang paling banyak dikenakan atau dipakai karena kain katun combed atau cotton combed memiliki karakteristik kain yang lembut, memiliki daya serap yang sangat baik, halus, tidak menimbulkan panas, dan cocok untuk dikenakan untuk segala usia dan dalam cuaca apapun. Itulah sebabnya kain katun combed atau cotton combed paling banyak disukai.

Hampir bisa dipastikan dalam setiap lemari pakaian orang orang ada satu atau lebih dari itu pakaian atau baju yang berbahan dasar kain katun combed atau cotton combed. Mungkin bahkan saat ini Anda sedang mengenakannya. Jika Anda salah satu dari banyaknya orang penggemar kain katun atau cotton combed, mungkin Anda pernah melihat atau mengetahui apa itu cotton combed 20s, cotton combed 24s, cotton combed 30s dan cotton combed 30s yang biasanya tertera pada bagian instruksi baju di bagian dalamnya. Angka angka tersebut menunjukkan gramasi dari kain yang dihasilkan. Sedangkan huruf S yang mengikutinya di bagian belakang angka angka tersebut menunjukkan arti Single Knit ( rajut tunggal). Sedangkan biasanya pada pakaian bayi, digunakan huruf D yang berarti Double Knit.

Setelah Anda mengetahui angka dan arti dari huruf yang mengikutinya, marilah kita cari tahu apa arti dari gramasi kain yang dimaksud. Dalam industri sandang, gramasi merupakan nilai berat suatu kain dalam satuan gram dalam satu meter persegi. Jika Anda masih kebingungan, berikut ini saja jelaskan arti dari gramasi nilai yang Anda kenal sebelumnya seperti 20S, 24S, 30S dan lainnya.

Perbedaan Gramasi Pada Kain Adalah

gramasi kain

Gramasi kain 20S

Angka 20 yang tertera tersebut berarti benang yang akan menghasilkan kain dengan gramasi antara 180-220 gr/m2 untuk rajutan tunggal.

Gramasi kain 24S

Angka 24 yang tertera tersebut berarti benang yang akan menghasilkan kain dengan gramasi antara 170-210 gr/m2 untuk rajutan tunggal.

Gramasi kain 30S

Angka 30 yang tertera tersebut berarti benang yang akan menghasilkan kain dengan gramasi antara 140-160 gr/m2 untuk rajutan tunggal.

Gramasi 40S

Angka 40 yang tertera tersebut berarti benang yang akan menghasilkan kain dengan gramasi antara 110-120 gr/m2 untuk rajutan tunggal.

Dari penjelasan singkat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa semakin besar angka, akan menghasilkan kain yang semakin tipis dan sangat halus. Hal tersebut juga tentunya berpengaruh pada harga dari cotton combed. Semakin tinggi harganya atau semakin mahal harganya, semakin tinggi juga angka rajutan tunggal yang dimilikinya. Misalnya, dari cotton combed sendiri yang paling mahal berarti adalah cotton combed dengan angka 40S, sedangkan yang lainnya seperti 30S, 24S, 20S, memiliki harga yang semakin rendah mengikuti jenis satuan rajut tunggalnya.

Namun, perlu dicatat dan diingat bahwa setiap pabrik yang menghasilkan kain katun combed atau cotton combed menghasilkan kualitas kain yang berbeda beda, hal tersebut terjadi karena bahan baku yang digunakan yaitu serat kapas nya juga berbeda beda sehingga menghasilkan jenis kualitas kain yang berbeda beda pula. Semakin rendah nilai cotton combed atau satuan rajut nya, maka semakin rendah juga kualitasnya. Biasanya, kebanyakan jenis cotton combed atau nilai gramasi kain yang digunakan untuk menghasilkan pakaian yang dapat dengan sangat mudah kita jumpai di sekeliling kita adalah jenis cotton combed dengan gramasi 30S.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *